October 2, 2019

PRO.QCP.003 | Understanding and Implementing Six Sigma for Quality Management Business Improvement

PENGANTAR

Setiap organisasi mempunyai tujuan bisnis agar tetap bertahan dan meningkatkan kompetisi utamanya. Six Sigma adalah sebuah inisiatif/ program yang menyeleraskan antara tujuan bisnis dengan aktivitas perbaikan. Artinya dengan six sigma bagaimana tujuan bisnis tersebut bisa dicapai dapat dijelaskan melalui berbagai inisiatif proyek perbaikan yang dijalankan.

Persaingan yang makin ketat telah menghadapkan berbagai perusahaan pada keharusan untuk tidak saja mampu memberikan produk dengan mutu yang tinggi, namun juga kecepatan dan fleksibilitas yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang selalu berubah. Lean Manufacturing adalah filosofi operasi yang akan membantu perusahaan mencapai kecepatan dan fleksibilitas yang tinggi. Sementara, Six Sigma luas diakui sebagai teknik yang akan memungkinkan perusahaan mencapai kesempurnaan dalam mutu produk yang dihasilkan. Untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan, tentunya perusahaan dituntut untuk mampu mengintegrasikan antara Lean Manufacturing dengan teknik Six Sigma. Pengertian, pemahaman, dan implementasi yang sukses dari Lean Six Sigma menjadi kunci utama bagi perusahaan.

Salah satu kunci kesuksesan program Six Sigma adalah tingkat kesuksesan proyek perbaikan. Sukses tidaknya proyek perbaikan sangat tergantung pada kemampuan pemimpin proyek (green belt maupun black belt) dalam memimpin dan mengeksekusi proyek perbaikan. Jadi, kemampuan atau kompetensi seorang pemimpin proyek mutlak dimiliki.

Training Six Sigma merupakan salah satu metode sistem yang digunakan untuk melakukan improvisasi dan pengembangan sistem management untuk meningkatkan produktifitas kerja perusahaan, baik untuk bidang manufaktur maupun jasa. Seperti yang kita ketahui sekarang saat ini, perkembangan industri disektor jasa ataupun manufaktur sangatlah pesat saat, sesuai data tahun 2013 pertumbuhan ekonomi di indonesia saat ini mampu meningkat dan bertahan menjadi 6% dari tahun sebelumnya, hal ini tentunya sebanding dengan tuntutan kualitas yang makin meningkat pula, yang dipersyaratkan oleh pelanggan dipasaran baik level nasional maupun internasional. Salah satu langkah perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar yaitu strategi dalam peningkatan kualitas adalah dengan memperkecil produk No Good (NG) dalam setiap proses produksi industri manufaktur.

MANFAAT & TUJUAN

Banyak manfaat yang akan di dapat oleh peserta dalam program ini, diantaranya adalah:
• Peserta memahami filosofi Six Sigma dengan baik serta mampu menjelaskan metodologi dan alat-alat bantu implementasi Six Sigma.
• Peserta dapat menjadi “change agent”, menggunakan metodologi Six Sigma dalam merubah budaya perusahaan mencapai world class operation management
• Meningkatkan kualitas yang berkelanjutan
• Mampu mengatur dan memberikan arahan terhadap tujuan kerja bagi individu pekerja
• Memperkuat dan meningkatkan penilaian pelanggan kepada citra perusahaan
• Membantu mempercepat perbaikan sistem perusahaan
• Mampu membantu perubahan sistem secara strategic

GARIS BESAR PROGRAM TRAINING

  1. Pengantar.
    2. Lean Manufacturing:
    • Lean Concept,
    • Lean Focus,
    • Muda in Lean,
    • Lean Goals,
    • Steps to Achieve Lean.
    3.   Six Sigma:
    • Konsep,
    • Metodologi,
    • Doktrin,
    • Fitur,
    • Peranan Kunci.
    4.   Integrasi:
    • Sinergi,
    • Ideal State.
    5.   Metodologi DMAIC.
    6.   Elemen dari Define.
    7.   Elemen dari Measure.
    8.   Elemen dari Analyze.
    9.   Elemen dari Improve.
    10. Elemen dari Control.
    11. Contoh Proyek Lean Six Sigma.

SIAPA YANG PERLU MENGHADIRI?

Pelatihan ini direkomendasikan untuk Pemimpin Perusahaan, Manager Fungsional, Maintenenace, Asisten Manager, Supervisor, setingkat Kepala Bagian, dan praktisi di bidang manajemen dan perencanaan stratejik.

METODE PELAKSANAAN

Training ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, contoh aplikasi, diskusi proses dan latihan. Disampaikan dalam bentuk presentasi ceramah dan diskusi kelompok untuk pembahasan studi kasus dan workshop

FASILITAS

Ruangan nyaman dan ber AC di hotel berbintang atau ruang meeting kantor dengan kenyamanan setara, merchandise berupa tas laptop, materi training (hard copy & soft copy), alat tulis, 1x Lunch, 2x Coffee Break dan Sertifikat

DURASI

2 Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Developed by Thidiweb

× Chat with us about this training